Kepribadian sekretaris

A.      Kepribadian Sekretaris Profesional

            Peran dan keberadaan sekretaris menjadi tumpuan keberhasilan seorang piminan dalam menjalankan fungsi managerialnya. Bahkan menjadi salah satu faktor penentu bagi produktvitas perusahaan/lembaga. Dengan demikian kepribadian seorang sekretaris penting dibangun dan dikembangkan terus menerus guna membangun profesionalisme seorang sekretaris itu sendiri.  Kepribadian sering diidentikan dengan identitas seseorang, baik watak, perbuatan, sifat maupun tindakan yang merupakan usaha seseorang mengaktualisasikan jati dirinya. Kepribadian sekretaris profesional dapat dikembangkan dari berbagai segi yang mencakup hal-hal berikut ini :

1.      Mampu mengenali dirinya dengan baik.

Dimana seorang sekretaris tersebut harus berbuat jujur dalam menilai diri sendiri. Yang berarti mau menerima kekurangan serta kelebihan yang ada pada dirinya. Hal inilah yang akan membawa Sekretaris untuk selalu berfikir optimis, positif dan menghargai orang lain.

Ada juga hal-hal yang perlu dilakukan seperti :

a.       Menciptakan kepribadian yang lebih menarik

b.      Mencari kelebihan yang terpendam dalam diri

c.       Menghilangkan kebiasaan buruk yang ada pada diri

d.      Terbuka dengan rekan kerja, serta

e.       Jangan merusak diri sendiri dengan ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan.

2.      Siap untuk menerima kritik

Menjadi seorang sekretaris harus terbuka menerima kritik serta semua saran dengan baik, dimana semua saran serta kritikan tersebut akan membawa sekretaris dalam berbuat yang lebih baik lagi.

Beberapa hal dalam menerima kritik, yaitu :

a.         Hindari sikap reaktif

b.        Mintalah saran atau nasihat dari oarng lain

c.         Berusaha tenang dan jujur mengakui

d.        Belajar dari kesalahan

e.         Bersikaplah terbuka, dan

f.         Milikilah rasa penuh perhatian kepada pimpinan / rekan kerja.

B.       Pola Pikir Sekretaris Profesional

1.      Mampu berfikir positif

Merupakan cara pandang seseorang terhadap berbagai masalah dengan tetap memandang secara positif. Dimana sikap ini akan menghasilkan sesuatu yang positif pula.

Ini harus tetap diterapkan untuk sekretaris dimanapun serta dalam keadaan kapanpun. Karena sekretaris merupakan orang yang terdekat dengan pimpinan dan sering berhadapan dengan pihak luar, termasuk relasi ataupun kolega.

2.      Berfikir Konstruktif

Membangun kesadaran yang bersifat membina, membangun dan memperbaiki. Sehingga tidak tenggelam dalam kepesimisan dan ketakutan yang tidak beralasan.

Dengan pemikiran konstruktif ini kita tidak akan terjebak dengan hal-hal yang sama, namun senantiasa memikirkan bagaimana seorang sekretaris mampu menghasilkan karya yang terbaik.

3.      Berfikir Efektif

Yaitu, cara pandang seseorang untuk mencapai suatu tujuan melalui kesakapan yang dimilikinya. Seorang sekretaris profesional harus memiliki cara pandang yang mengarah pada pencapaian tujuan dengan pemikiran yang praktis dan sistematis.

Perilaku Sekretaris Profesional, yaitu :

1.      Pola bekerja yang efisien

Mampu mengembangkan cara kerja yang sederhana dan cepat, menghemat biaya dan tenaga, serta menggunakan sarana yang dapat mempercepat pelaksanaan tugas. Pola pikir ini, Sekretaris hanya memikirkan semua tugasnya, dengan cara termudah, paling ringan dan paling murah.

2.         Membangun hubungan baik dengan berbagai pihak

     Salah satu ciri sekretaris profesional adalah yang mampu membuka diridan membina hubungan baik dengan berbagai pihak. Seperti kemampuan dalam memberikan perhatian, berbicara jelas dan langsung pada kepentingan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Martua Ma ho

Lirik Lagu Rohani Anak Na Lilu

LAGU " HAOL AU GOMOS DAMANG"